Cara Mengubah Data dari Baris ke Kolom maupun sebaliknya pada MS. Excell

Terkadang hal yang sebenarnya sepele namun karena kita belum tahu triknya, akan membuat kita pusing. Contoh kasus ketika melakukan tabulasi data dengan variabel ada pada KOLOM namun kita ingin merubah variabel tersebut ke BARIS. Nah bagi yang belum tau triknya tentunya akan memindahkan satu persatu data dimaksud dari Kolom menjadi Baris. Tentunya akan sangat merepotkan dan menyita waktu ketika data yang ditabulasi itu banyak. Untuk itu, pada kesempatan ini akan saya berikan triknya untuk memindahkan data dari Kolom ke Baris maupun sebaliknya pada MS. Excell. Cekidot

Contoh, kita memili data seperti ini :
Tabulasi data Awal

Pada tabulasi data awal kita ingin merubah agar Variabel Pagu dan Realisasi serta % itu yang sebelumnya ada pada KOLOM dipindahkan ke BARIS seperti dibawah ini :

Tabulasi Data Akhir

Nah untuk mendapatkan hasil Tabulasi Data Akhir seperti diatas, gunakan cara dibawah ini :

1. Blok data (rentang data) yang ingin anda rubah termasuk label pada baris dan kolomnya, lalu pilih COPY (CTRL + C)

2. Pilih Lokasi dalam sheet excell yang ingin ketempatkan data yang baru, lalu Klik Kanan Pilih PASTE OPTIONS (Icon TRANSPOSE)




3. Maka data akan langsung berubah.

Tabulasi Data Akhir
Sangat mudahkan.. Ada hal-hal yang sangat mempermudah pekerjaan kita, namun belum saja kita mengetahuinya. Mudah-mudahan apa yang dishare dapat bermanfaat.







Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama