MENGATASI MASALAH APLIKASI DEKSTOP EMIS TIDAK BISA TERBUKA

Mungkin banyak operator EMIS yang kebingungan ketika hendak menjalankan aplikasi dekstop EMIS pada laptopnya. Dimana saat membuka aplikasi itu muncul keterangan seperti dibawah ini :


Di postingan saya kali ini, akan saya bahas tuntas terkait hal yang menyebabkan dan cara mengatasinya permasalahan diatas.
Hal ini sebenarnya disebabkan karena ketidaksesuaian antara type OS (Windows) dengan Enggine Access untuk Microsoft Ofice yang terinstal di laptop. Untuk itu, solusinya adalah melakukan instalasi ulang komponen pendukung (Ofice, Net Framework, ODBC dan Acces Enggine)yang disesuaikan dengan type OS yang terinstal di laptop.


Langkah-langkah penyelesaian sebagai berikut :
1. Cek type OS (windows) pada laptop dengan cara Klik Menu Windows >> File Explorer >> Klik Kanan >> Properties 


2. Perhatikan pada bagian System Type apakah 32 Bit atau 64 Bit

3. Cek MS. Ofice yang terinstal. Untuk Windows 32 Bit maka harus terinstal minimal MS. Ofice 2007 (32 Bit), sedangkan Untuk Windows 64 Bit, maka minimal menggunakan MS. Ofice 2010 (64 Bit).


4. Cek apakah aplikasi MySQL ODBC telah terinstal ? untuk melakukan pengecekan pada Latop dengan cara Klik Menu >> Control Panel >> Program And Features >> Uninstal Program


Jika belum terinstal maka silahkan diinstal aplikasi dimaksud terlebih dahulu. Jangan lupa disesuaikan dengan Type OS. Jika yang Windows ada versi 32 bit maka instal aplikasi Mysql conector ODBC 32 Bit begitu juga jika yang terinstal adalah windows 64 bit maka yang harus diinstal adalah aplikasi mysql conector ODBC 64 bit. Aplikasi dimaksud dapat didownload DISINI


5. Setelah proses instalasi selesai, silahkan restart computer. Lalu silahkan mencoba kembali membuka aplikasi EMISnya


6. Jika masih eror (belum bisa dibuka), coba di cek lagi apakah aplikasi microsof net framework sudah terinstal ? (minimum versi 3.5). Untuk mengeceknya klik Menu >> Search >> Run >> ketikkan %systemroot%\Microsoft.NET\Framework >> akan terbuka folder yang akan memperlihatkan aplikasi Microsoft Net Framework yang sudah terinstal di laptop. Atau bisa juga dengan cara Klik Menu >> Control Panel >> Program And Features >> Uninstal Program. Jika belum terinstal atau belum terupgrade, maka silahkan instal aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Dimaksud dapat di download DISINI


7. Setelah proses instalasi selesai, silahkan restart computer. Lalu silahkan mencoba kembali membuka aplikasi EMISnya


8. Jika masih eror (belum bisa dibuka), coba di cek lagi apakah aplikasi Access Database Enggine sudah terinstal ? Jika belum, maka silahkan diinstal terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa aplikasi Acces Database Enggine yang akan diinstal harus disesuaikan dengan Type OS 32 Bit atau 64 Bit.
Aplikasi Dimaksud dapat di download DISINI


9. Setelah proses instalasi selesai, silahkan restart computer. Lalu silahkan mencoba kembali membuka aplikasi EMISnya


10. InsyaAllah, Aplikasi EMISnya sudah bisa berjalan. Amin.


Download File PDF nya DISINI
Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama