Sabtu, 14 Desember 2013

TRAVELING SEHARI DI SINGAPURA, MURAH, AMAN DAN MENGASYIKKAN



Alhamdulillah, mimpi berkunjung ke luar negeri terealisasi juga, 4 desember 2013 lalu saya dan teman-teman berhasil mewujudkan keinginan kami untuk traveling ke negara tetangga, Singapura. Perjalanan kami diawali saat kami menghadiri kegiatan yang bertempat di Batam Provinsi Kepulauan Riau, kesempatan inilah yang kami manfaatkan untuk memulai rencana perjalanan kami one day in singapura. Dalam artikel kali ini akan saya bagikan beberapa tips jika anda ingin mengikuti jejak langkah saya ke singapura dengan biaya murah, aman dan tentunya menyenangkan. Lets Do It...

Pertama-tama sebelum kita mengunjungi sebuah wilayah baru apalagi negara baru kita harus terlebih dahulu mengetahui kondisi dan peraturan yang mungkin diterapkan di negara tujuan agar dapat terhindar dari hal-hal yang tentunya tidak kita harapkan.


  1. Pertama dan utama, tentunya harus punya PASPOR dulu, cara buatnya mudah kok, berdasarkan pengalaman, cukup datang ke kantor imigrasi di daerah kita, bawa persyaratan yang dibutuhkan seperti : Fotocopy Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan KTP (Bawa juga dengan Aslinya), trus isi formulir pengajuan dan mendaftar di loket dengan membayar senilai Rp.265.000,-, menunggu hingga di panggil untuk wawancara. Waktu wawancara ga perlu takut, kita cuma dicroscek kebenaran data yang kita isi di formulir dan mencocokkan dengan berkas asli yang kita bawa, trus tujuan dan tempat yang kita tuju untuk membuat paspor. Setelah proses wawancara, kita boleh kembali ke rumah. Menurut SOP Imigrasi, Paspor kita paling lambat terbit 3 hari setelah proses wawancara.
  2. Jika berencana ke singapura, sebaiknya Jangan membawa barang bawaan yang terlalu banyak, terutama rokok, makanan dan minuman serta parfum. Karena barang-barang tersebut jika jumlahnya berlebih maka akan dikenakan biaya bea masuk barang.
  3. Tiba di Batam, sebaiknya 1 hari sebelum keberangkatan anda sudah terlebih dahulu ke pelabuhan feri untuk membeli tiket. Ada 3 Pelabuhan yang melayani penyebrangan ke Singapura salah satunya adalah yang terletak di Batam Center (Dekat Hotel Haris Batam). Pada saat membeli tiket jangan lupa membawa pasport karena akan diminta untuk membuat boarding pass sesuai identitas di paspor. Harga tiket Feri sebesar S$ 17 sekali jalan dan pajak pelabuhan di Batam sebesar S$7 dan Pajak Pelabuhan di singapura S$20. Untuk ke singapura tidak perlu membayar visa, jika anda berkunjung paling lama 30 hari (bukan untuk bekerja)
  4. Pada saat membeli tiket petugas akan memberikan 2 kartu imigrasi, indonesia dan Singapura, Anda akan diberikan "Kartu Kedatangan Singapura". Kartu ini adalah kartu masuk dan keluar imigrasi singapura. Isilah kartu ini dengan lengkap saat sebelum atau berada di atas feri penyebrangan. (Ingat, dalam isian kartu, centanglah selalu pada pilihan No, jika tidak maka anda akan bermasalah pada proses imigrasi di singapura, dan jagalah kartu ini jangan sampai hilang karena pada saat anda hendak kembali ke batam, kartu ini akan diminta lagi oleh pihak imigrasi singapura) 
  5.  Sesampainya di pelabuhan singapura, anda harus menghadapi imigrasi singapura. Hal-hal yang perlu anda ketahui adalah : (1) Sebelum masuk ruang imigrasi pastikan barang bawaan anda tidak menyalahi aturan, karena jika tidak anda akan dikenakan biaya bea masuk barang. Ingat, Permen karet, parfum, makanan/minuman dan rokok yang jumlahnya berlebih bisa dikenakan denda lho.bagi perokok minimal 1 bungkus dan anda harus mengeluarkan pula 1 batang. (2) Karena anda turis maka anda masuk antrian "all paspor", antrilah yang rapi dan tertib, pada saat giliran anda tiba, serahkan paspor dan kartu kedatangan singapura anda, petugas akan mencap paspor anda dan menyobek sebagian kartu kedatangan itu dan menyerahkan kembali sebagian kartu itu, ingat simpan baik-baik potongan kartu itu karena saat anda hendak keluar dari singapura, imigrasi singapura akan meminta kembali sobekan kartu itu.   (3) Pihak imigrasi singapura juga akan sedikit mewancarai anda dan memeriksa barang bawaan anda. Ingat, jawablah dengan baik pertanyaan yang diajukan, jangan berbicara jika tidak ditanyai oleh pihak imigrasi singapura. (4) Jika lolos imigrasi bersyukurlah, lalu sebelum melanjutkan perjalanan anda, tukarkan dulu uang anda dengan dolar singapura di tempat tempat penukaran uang yang banyak tersedia di area pelabuhan.
  6. Untuk transportasi di singapura, untuk lebih nyaman disarankan untuk membeli kartu EZ-Link. Kartu ini adalah kartu e-money yang digunakan untuk pembayaran MRT, LRT, bus dan beberapa otlet lainnya. Kartu ini dapat di beli pada conter yang terdapat di area pelabuhan. Harga kartu adalah S$12 yang berisi uang S$7, kartu ini dapat disimpan dan dapat anda gunakan kembali jika hendak ke singapura lagi karena berlaku selama 5 tahun. Jika saldonya habis cukup anda isi ulang (Topup) di berbagai tempat seperti mesin yang tersebar di stasiun maupun pelabuhan. (Pengalaman kami, harga tersebut sudah bisa buat kami berkeliling singapura bahkan masih tersisa saldo sebesar S$3)

  7. Selama anda di singapura, anda tidak perlu takut tersesat, karena banyak informasi rute BUS maupun MRT yang terpajang rapi di setiap halte bus maupun stasiun. Bus di singapura tidak memiliki kernet, jika anda membayar dengan uang pas maka langsung di sopir tapi ingat harus uang pas karena sopir tidak memiliki uang kembalian. Ingat, selalu naik dan trun  Bus di halte yang telah ditentukan karena bus tidak berhenti disembarang tempat. Saat naik bus, anda harus naik melalui pintu bagian depan, sesaat setelah naik, dekatkan kartu anda pada sensor alat yang ada pada bus (dekat pintu), pada saat anda hendak turun, turunlah melalui pintu bagian belakang dan jangan lupa melakukan mendekatkan kembali kartu EZ-Link anda pada sensor di alat yang terletak dekat pintu keluar. Alat tersebut secara otomatis akan memotong tarif. 
     
     
  8.  Sebelum anda berjalan-jalan di singapura sebaiknya anda mengetahui bahwa anda akan jarang bahkan tidak akan melihat polisi singapura yang berada di jalanan singapura. hal ini karena di singapura menggunakan sistem CCTV yang tersebar di banyak sudut-sudut jalan, Berhati-hatilah, karena mungkin jika anda melanggar aturan, tanpa anda duga anda akan dihampiri petugas keamanan (polisi) dan siap-siap anda diinterogasi dan membayar denda. Hal yang remeh namun sangat vatal adalah (1) Jangan menyebrang jalan sembarangan, Menyebrang jalan wajib dilakukan di daerah yang sudah ditandai, biasanya berupa zebra cross, dan mungkin anda harus berjalan agak jauh terlebih dahulu hanya untuk sekedar menyebrang jalan. Tidak cuma itu, Menyebrang jalan pun harus mengikuti rambu lalu lintas, Jika anda melanggar ketentuan diatas maka bersiaplah anda akan didenda jika ketahuan petugas. (2) Dianjurkan bagi anda jika hendak naik eskalator berdirilah disisi sebelah kiri, karena anda akan ditegur jika berada disisi kanan, karena sisi tersebut diperkenankan bagi orang yang terburu-buru. (3) Berbeda dengan indonesia, di singapura tidak boleh merokok di sembarang tempat, hanya tempat-tempat berlabel "Smoking Area" yang diperbolehkan merokok, untuk kawasan terbuka, anda tidak boleh merokok sambil berjalan di trotoar, anda hanya diperbolehkan merokok persis disamping bak sampah atau bak rokok yang tersebar di trotoar. 
  9. Ada beberapa tempat yang tentunya wajib anda kunjungi ketika berada di singapura. Berikut Rute yang kami lalui selama di singapura : (1) Naik Bus ke MERLION PARK. Merlion (Mermaid Lion) adalah mahluk mistis yang berkepala singa dan berbadan ikan dan menjadi simbol singapura. Patung merlion yang wajib anda kunjungi ini terletak di Merlion Park tepatnya di Marina Bay. Konon anda tidak dikatakan ke singapura jika tidak menyempatkan berfoto dengan latar patung merlion ini. Selain berpose dengan patung Merlion anda juga bisa bergaya dengan latar Casino Marina Bay, Gedung Esplanade yang merupakan gedung pertunjukan yang atapnya berbentuk durian jika dilihat dari bawah atau tampak seperti mata lalat jika dilihat dari atas.
(2) Dari Merlion Park, kita kembali ke halte bus tempat kita turun tadi, lalu naik bus lagi menuju ORCHARD ROAD. Orchard Road adalah surganya penggila belanja di singapura. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat mall megah yang menjual berbagai barang bermerk dengan kualitas internasional. Meskipun jalan ga bermodal, sekedar cuci mata ga' apa-apalah.


 
 
 
 

(3) rute selanjutnya, naik bus lagi menuju BUGIS STREET. Selain Orchard, tempat lain yang menjadi tujuan wisata belanja di singapura adalah Bugis Street yang merupakan kawasan berbelanjara murah dan lengkap.Meskipun begitu sebaiknya berbelanjalah seperlunya saja untuk kenang-kenangan, jika ingin belanja oleh-oleh yang jumlahnya banyak sebaiknya anda membeli di batam saja (kami di Nagoya Mall-Batam), barangnya relatif lebih murah ketimbang di singapura. Selain sebagai pusat perbelanjaan, banyak terdapat rumah makan (halal), sehingga dapat menuntaskan rasa lapar setelah berkeliling. Namun perlu diingat harga makanan termasuk cukup mahal, berkisar S$4 - S$6 beserta air mineral seharga S$1,5.




(4) Setelah puas menikmati hidangan makan siang, kami lanjut menuj masjid untuk menunaikan shalat Dhuhur dan Jama' Ashar. Masjid yang kami tuju bukan masjid sembarangan karena masjid ini adalah Masjid Sultan yang berada di Kampung Glam. Masjid ini adalah merupakan mesjid yang pertama dibangun di singapura.



(5) Selesai shalat, kami menuju CHINA TOWN. Daerah ini merupakan kawasan pecinan di singapura. Daerah ini merupakan pusat segala barang-barang yang bernuansa cina, namun banyak juga dijajakan oleh-oleh khas singapura yang harganya cukup murah.


 

(6) Beranjak dari china town, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi terakhir yakni PULAU SENTOSA, dengan mencoba menaiki MRT (indonesia kan belum ada..)

(7) Destinasi terakhir, PULAU SENTOSA. Pulau sentosa adalah sebuah pulau yang paling terkenal di singapura sebagai surganya liburan. Dipulau ini terdapat beberapa wahana yang paling terkenal di dunia antara lain Universal Studio, Casino dan SEA Aquarium. Untuk menuju pulau sentosa kita menggunakan sentosa express dengan tarif S$3


 
 
 

yach.. walapun ga sempat masuk universal studi berhubung tiket masuk yang cukup mahal berkisar S$65, namun kami cukup puas berjalan-jalan dan foto narsis di area pulau sentosa ini. Berhubung waktu hampir menunjukkan pukul 6 sore kami segera bergegas menuju pelabuhan feri dan kembali ke batam. (Ingat siapkan paspor dan potongan kartu kedatangan singapura, karena akan diminta oleh petugas imigrasi singapura). Perjalanan kembali ke batam sama seperti saat kami datang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Sesampai di batam, masih cukup waktu untuk menuju Nagoya Hill untuk memburu oleh-oleh dan makan malam.Yach kalo dihitung-hitung buget yang kita keluarkan hanya berkisar S$82 dolar atau Rp.800.000,- an.


 
 

1 komentar:

  1. Kak, kalau transport keluar bandara ke pusat kota gimana? Naik apa, pesan tiketnya dimana, harga berapa, dan makan waktu berapa lama? Trimss

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com