Rabu, 17 April 2013

KEPRIBADIAN GANDA (Multiple Personality Disorder)


KEPRIBADIAN GANDA

Ketertarikan saya untuk sedikit menulis tentang tema diatas bermula saat setelah selesai membaca sebuah novel karangan Sidney Sheldon berjudul Tell Me Your Dreams (Ceritakan Mimpi-Mimpimu) yang saya nilai sangat bagus, mendebarkan pada tiap alur ceritanya serta tentunya menambah pengetahuan baru. Oh iya, saya sangat merekomendasikan anda untuk membacanya.. (Terbitan PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan 6, Januari 2005, 432 halaman)

Multiple Personality Disorder atau juga dikenal sebagai Dissociative Identity Disorder atau yang lebih dienal dengan Kepribadian Ganda merupakan suatu keadaan dimana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena kepribadian utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. Bisa diartian bahwa Kepribadian ganda merupakan kondisi ketika beberapa pribadi yang sepenuhnya berbeda berada dalam satu tubuh. Kondisi ini juga dikenal sebagai penyimpangan disasosiasi identitas. Dalam literatur psikiatri ini sudah disebut-sebut lebih dari dua ratus tahun lalu.
Kondisi yang disebut kepribadian ganda ini biasanya muncul karena trauma masa kecil. Penderita kepribadian ganda memblokir trauma yang dialaminya dengan menciptakan tokoh baru. Terkadang satu orang bisa memiliki selusin pribadi atau alter yang berbeda. Terkadang mereka salaing kenal, tetapi yang lebih buruknya mereka tidak saling kenal, dan ini artinya si penderita tidak mengetahui bahwa ia memiliki kepribadian ganda (sampai setelah ia ditangani psikiater). Si penderita tidak menyadari keberadaan alter-alter-nya. Alter atau aku yang lain ini diciptakan karena si tuan rumah tidak tahan derita yang diakibatkan trauma yang dialaminya. Ini adalah salah satu cara pelarian. Setiap kali ada peristiwa mengejutkan yang baru, alter baru bisa dilahirkan.

Literatur psikiatri yang membahas subjek ini menunjukkan bahwa alter-alter  itu bisa berbeda sama sekali. Beberapa alter bodoh, sementara alter lain briliant.Mereka bisa bicara bahasa yang berlainan. Selera dan kepribadian mereka juga berbeda-beda. Orang-orang yang menderita kepribadian ganda biasanya memiliki lebih dari satu alter bahkan bisa lebih banyak, kadang-kadang bisa sampai seratus. Biasanya, untuk kasus kepribadian ganda ini, terdapat satu alter ego yang dominan. Beberapa hasil penelitian memperlihatkan bahwa satu persen dari seluruh populasi menderita kepribadian ganda in, dan sampai dua puluh persen dari semua pasien di rumah sakit jiwa menderita penyakt ini.
Penderita kepribadian ganda memang terlihat normal, sampai ada alter  yang mengambil alih. Si tuan rumah (penderita/karakter utama) bisa punya pekerjaan, mengurus keluarga dan menjalani hidup normal sehari-hari, tetapi alternya bisa mengambil alih kapan saja. Kalau sudah begitu, si tuan rumah  menderita apa yang diistilahkan sebagai fuga, suatu pelarian amnesik, kondisi ketika si penderita kehilangan kesadaran tentang diaman ia berada atau apa yang sedang ia lakukan sehingga mereka lupa waktu dan kehilangan memori, selama si arter sedang menguasainya. Dan kondisi ini bisa berlangsung selama satu jam, satu hari atau bahkan berminggu-minggu.
Meskipun begitu, penderita kepribadian ganda ini tetap masih berpeluang untuk disembuhkan dengan beberapa prosedur psikiatri  pada rumah sakit kejiwaan. Metode yang paling sering digunakan adalah hypnotis  atau sodium amytal. Dengan beberapa prosedur psikiatri yang memakan waktu bertahun-tahun penderita dapat perlahan-lahan disembuhkan dengan mencari tahu awal penyebab timbulnya trauma mendalam yang diderita dan menganalisis waktu lahirnya alter-alter yang menjadi kepribadian lainnya dan terus berusaha mengkomunikasikan si tuan rumah dengan alter-alternya yang pada akhirnya ketikah traumatik penderita mulai hilang maka seluruh alter-alter tersebut diintegrasikan pada satu kepribadian utama, dan si penderita dinyatakan sembuh, kembali melaksanakan aktivitas kehidupan secara normal dengan satu kepribadian utuh.
Tulisan diatas mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuat kita lebih waspada ! Jangan sampai ada orang-orang disekitar kita yang cenderung berperilaku mirip dengan apa yang dijelaskan ada artikel diatas, maka tanggaplah dengan segera melakukan konsultasi dan terapi dengan ahli psikiter. Semua itu agar tidak ada penyesalan di kemudian hari layaknya kisah novel karangan Sidney Sheldon berjudul Tell Me Your Dreams (Ceritakan Mimpi-Mimpimu) dimana tokoh utama Ashley Peterson yang merupakan wanita pekerja keras dan sukses dalam karirnya ternyata terjebak dalam kasus pembunuhan berantai dan sadis yang telah membantai 5 pria dengan disertai tindakan kebiri. Ternyata seluruh bukti persidangan berupa sidik jari dan hasil tes DNA identik sehingga terancam tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan diancam dengan pidana hukuman mati. Namun pada proses persidangan yang begitu alot dan ajaib dan proses pembelaan yang didasarkan pada bukti medis yang aneh tapi autentik telah membuktikan bahwa Ashley Peterson tidak melakukan tindak kejahatan, namun alternyalah yang melakukan itu semua, sehingga Ashley pun divonis tidak bersalah dengan alasan ketidakwarasan. Ashley memang memiliki kepribadian ganda yang berawal dari trauma masa kecilnya saat ia berusia 6 tahun karena pada saat itu mengalami tindah pelecehan seksual (pemerkosaan) oleh ayahya sendiri. Sehingga pada saat itulah lahir alter yang bernama Toni Prescott (alter jahat) dan Allete Petters (alter baik). Nah alter Toni Prescott inilah yang melakukan tindakan tidak terpuji yang dituduhkan pada Ashley.
Namun setelah divonis tidak bersalah, ashley dikirim untuk mengikuti proses terapis dan setelah lima tahun lebih ia pun sembuh, kembali pada satu kepribadian utuh. Tulisan ini, selain mengigatkan pada kita untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus kepribadian ganda disekitar kita, namun juga menjadi pelajaran bagi kita bahwa jangan pernah menciptakan trauma pada anak dibawah umur, karena akan sangat menggangu kepribadian ia pada saat dewasa nantinya. Terima kasih sudah menyimak artikel saya sejauh ini. Semoga bermanfaat.

Sumber : Wikipedia dan Novel Sydney Sheldon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com