MENCARI TITIK KOORDINAT LEMBAGA DENGAN GOOGLE EARTH



Kenapa tutorial ini saya buat ? Toturial ini saya susun ditujukan kepada Bapak/Ibu di Lembaga Pendidikan Islam se-NTT terutama madrasah, yang saat ini sedang disibukkan mencari Titik koordinat lembaga pendidikannya sebagai salah satu data GIS (Geografic Information System) yang harus diserahkan ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT untuk diteruskan ke Dirjen Pendis Kementerian Agama RI sebagai pemenuhan Inpres No.X tahun 2012. Untuk itu.. Tetap Semangat dan simak baik-baik totorial ini...


Sebelum kita melangkah pada tahapan selanjutnya, alangkah lebih asyiknya kalo kita kenal terlebih dahulu Apa sich GIS itu ?. GIS atau dalam bahasa indonesianya Sistem Informasi Geografis merupakan system yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografis. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data .

Langkah pertama dan utama adalah anda harus memiliki aplikasi Google Earth. Aplikasi ini adalah aplikasi free yang sangat mudah anda dapatkan. Disini saya mengasumsikan anda telah memiliki Google Earth di laptop anda. Tapi kalo memang belum, silahkan tanya dulu tempat mendownload aplikasi itu di  Om Google !

Berikut Tahapannya : (ingat, kita harus terkoneksi dengan jaringan internet yach !). Silahkan Download Tutorial Lengkapnya, KLIK DISINI

Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama