DANAU KELIMUTU YANG EKSOTIK MENGAGUMKAN


Melanjutan Seri Menyusuri Bumi Allah, kali ini saya akan mengajak anda mengunjungi Ende, tepatnya menengok sebuah keajaiban alam yang mengagumkan, Danau Kelimutu. Perjanalan ini terjadi sekitar pertengahan Desember 2009 silam. Keinginan lama saya untuk melihat seara langsung Danau Kelimutu yang menjadi kebanggaan Masyarakat NTT, akhirnya menjadi kenyataan. Disela-sela kunjungan kerja di Kabupaten Ende dan Sikka dalam rangka pendampingan dan Evaluasi EMIS, saya menyempatkan waktu ke tempat tersebut. 

Gunung kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di pulau flores provinsi NTT. Lokasi gunung ini tepatnya di desa Pemo kecamatan kelimutu kabupaten ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama danau tiga warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih. Walaupun begitu, warna warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. (pada saat kunjungan saya, warna pada ketiga danau adalah hijau, biru dan hitam). Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan "mutu" yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna warna pada danau kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter. Kawasan kelimutu ini telah diterapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992. //Wikipedia.











Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama